sederet kamus
Translate: Tutorial:

Tips Membuat Resensi Dalam Bahasa inggris

RESENSI BUKU

Apakah anda seorang kutu buku yang suka sekali untuk membagikan pemikiran anda setelah anda membaca sebuah buku? Menulis ulasan akan sebuah buku adalah sebuah cara yang bagus untuk memberikan sedikit gambaran akan sebuah buku yang sangat menarik ataupun yang tidak sama sekali menarik. Sehingga orang-orang yang akan atau sedang membaca buku tersebut mendapat gambaran akan yang mereka baca.

Saat anda mengulas tentang buku pada sebuah website ataupun blog pribadi anda, anda menginginkan ulasan yang informatif dan sangat membantu pembaca anda.

Apa yang harus anda masukkan ke dalam ulasan buku anda?

  • Judul Menarik

Judul yang menarik akan menarik perhatian pembaca anda dan menarik perhatian mereka, jadi mereka akan membaca review anda ketimbang melewatkannya. Anda dapat membuat judul yang menarik ataupun provokatif atau bahkan sebuah pertanyaan.

  • Informasi penting di buku

Ungkapkanlah informasi umum akan buku yang anda ulas yang menurut anda penting untuk para pembaca anda ketahui. Anda dapat mencantumkan judul dan penulis buku tersebut. Kemudian jika buku tersebut terbit lebih dari satu dekade yang lalu, bisa menjadi pilihan yang baik juga. Jangan lupa untuk memberitahu jika buku yang anda baca adalah bagian dari sekuel atau series dan apakah penting untuk membaca buku sebelumnya sebelum membaca buku itu.

  • Ringkasan plot

Buatlah sinopsis yang sangat jelas dan mudah dibaca sehingga pembaca anda dapat dengan mudah mendapatkan inti dari cerita tersebut. Janganlah anda mencantumkan klimaks atau akhir cerita dari buku tersebut dan cobalah untuk tidak memberikan spoiler agar anda tidak merusak ceritanya saat pembaca anda membaca spoiler anda.

Akan selalu lebih baik jika anda berpura-pura galau saat memberikan ringkasan dan mengatakan bahwa plot cerita tersebut memiliki akhir yang tak terduga ketimbang anda mengatakan bahwa “si ayah dari tokoh utama adalah penjahatnya!” Jika anda harus memasukan spoiler, beberapa website ulasan buku dapat membantu anda untuk menyembunyikan kalimat spoiler dan memberikan pilihan kepada pembaca apakah mereka mau untuk membaca spoiler tersebut atau tidak.

  • Pujian dan kritik

Bagian ini akan menjadi inti dari ulasan anda dan menjadi bagian paling penting. Semua orang dapat membuat ringkasan plot, tapi apakah yang anda dapatkan setelah membaca buku tersebut?

Jika anda hanya mengatakan bahwa buku tersebut bagus atau jelek, atau saya suka buku tersebut atau tidak, sangatlah tidak membantu pembaca untuk mengetahui apa yang anda maksud. Jelaskanlah secara rinci mengapa anda merasa buku tersebut tidak menarik atau mengecewakan, atau kenapa buku tersebut sangatlah menarik untuk dibaca orang-orang. Membagikan detail tersebut akan membantu pembaca anda membuat opini mereka tersendiri apakah mereka akan menyukai membaca buku tersebut. Berikut ini adalah contohnya:

    • The language used by the author is very clear and made me feel trapped inside the story. (Bahasa yang digunakan penulis sangatlah jelas dan membuat saya terperangkap ke dalam dunia cerita penulis)
    • The author does not able to write what he wants to say to the reader well (Penulis kurang dapat menceritakan apa yang ia ingin ungkapkan)
  • Rekomendasi

Setelah anda memberikan pujian dan kritik anda, biarkanlah pembaca anda mengetahui kesimpulan dari anda mengenai buku tersebut.

  • Rating

Kebanyakan situs ulasan menyediakan sistem rating dengan menggunakan bintang dari satu sampai lima bintang. Biarkanlah pembaca anda mengetahui alasan mengapa anda memberikan rating tersebut. Jika anda memberikan ulasan sebuah buku pada situs pribadi anda menggunakan sistem rating yang anda buat sendiri, pastikan untuk menjelaskan mengapa anda memberikan rating sebesar itu.

Tips Saat Menulis Ulasan Buku

Tulisan yang efisien: perhatikan panjang kalimat dan jumlah kata. Ulasan yang bertele-tele akan membingungkan pembaca anda dan akan sangat membuang-buang waktu. Jika anda bisa menulis inti yang ingin anda ungkapkan maka pembaca anda akan terus membaca ulasan anda.

Ingatlah untuk melakukan pengecekan penulisan: pastikan pengejaan dan tatabahasa yang anda gunakan sesuai dengan EYD. ulasan yang memiliki banyak kesalahan dalam penulisan akan membingungkan pembaca dan pembaca tidak akan menganggap tulisan anda dengan serius.

Janganlah jahat. Ingatlah bahwa anda mengulas buku yang ditulis oleh orang lain yang menggunakan sepenuh hati dan jiwanya untuk menulis buku tersebut. Utarakan opini anda dengan jujur, janganlah jahat saat anda mengutarakan opini anda. Cobalah anda berpikir jika itu adalah buku anda yang diulas, bagaimana anda ingin pembaca anda mengutarakan kritik mereka?

RESENSI PELANGGAN

Ulasan yang bagus memasukan detail yang bisa membuat orang lain mengetahui apa yang terjadi. Jelaskan faktor-faktor apa saja yang memberikan kontribusi kepada pengalaman positif anda, negatif, atau biasa saja. Anda juga dapat memberikan pandangan anda apakah perusahaan melakukan dengan baik dan bagaimana mereka dapat memperbaikinya. Tapi tetaplah ramah dan sopan. Berikut ini adalah beberapa contoh ulasan dari konsumen kepada perusahaan yang mungkin akan berguna:

I am pretty pleased with the handphone that I bought from the company. I wanted a smartphone that could do the standard tasks such as text messaging, calling, and browsing the internet, and the company’s site recommended me this one phone that I needed. (Saya cukup puas dengan hp yang saya beli dari perusahaan. Saya menginginkan sebuah ponsel pintar yang dapat melakukan hal-hal standar seperti melakukan sms, telpon, dan internet, dan website perusahaan merekomendasikan kepada saya satu hp yang saya butuhkan.)

I ordered a wine for a New Year’s party. Even though I used the shipping option for a holiday schedule such as written on the website, the wine has not come at all. I finally got an email from the company that said that they haven’t got the wine stock for my order. I needed another 10 days to go through the money return process. (Saya memesan wine untuk acara tahun baru. Meskipun menggunakan pengiriman sesuai jadwal liburan seperti yang tertera di website, barang yang dikirim tidak datang sama sekali. Akhirnya saya mendapatkan email dari perusahaan yang mengatakan bahwa mereka belum memiliki stok barang untuk barang yang saya pesan. Saya memerlukan 10 hari tambahan untuk melakukan proses pengembalian uang saya)

  • Bicarakan Elemen Penting Seperti Layanan Pelanggan

Tingkatkan relevansi dari ulasan yang anda buat dengan berbicara tentang keseluruhan pengalaman yang anda rasakan, termasuk juga tingkat kepuasan anda akan layanan pelanggan. Beritahu orang-orang juga seberapa membantunya perusahaan tersebut. Jika anda hanya fokus kepada satu elemen saja seperti kualitas produk yang anda terima atau pilihan-pilihan untuk mengirim barang, itu hanya akan membatasi pembaca akan apa yang anda ungkapkan.

  • Detail, Spesifik, dan Jujur

Tidak ada aturan yang melarang orang untuk menulis sedikit ulasan saja, tetapi jika anda dapat mengungkapkan ulasan anda dengan lebih spesifik maka akan membantu pembaca untuk lebih memahami apa yang sebenarnya terjadi. Kami menyarankan kepada anda untuk menulis ulasan berdasarkan sudut pandang anda sendiri, tetap jujur dan ungkapkanlah fakta yang sebenarnya. Bantu pembaca untuk mengetahui apa yang anda rasakan.

Berikut ini adalah contoh ulasan yang terlalu singkat tentang apa yang bagus dari perusahaan. Ulasan tersebut tidak terlalu banyak memberikan masukan yang berguna untuk meningkatkan bisnis perusahaan:

    • Amazing, there is no problem at all (Bagus, tidak ada masalah apapun)
    • Fast shipment (Pengiriman cepat)
  • Jangan Berikan Informasi Pribadi

Saat anda menuliskan ulasan, janganlah anda mencantumkan informasi pribadi tentang diri anda seperti nama, nomor hp atau alamat. Perlu ditekankan bahwa menggunakan inisial, jabatan akan menggiring seseorang untuk menebak identitas orang lain. Jangan juga menggunakan ulasan sebagai sarana untuk mempromosikan perusahaan lain.

  • Tetap sopan dan ramah

Banyak ulasan yang tidak akan melalui proses sensor sebelum ulasan tersebut dibagikan karena kebanyakan pengguna memiliki niat yang baik. Tetapi jika menerbitkan ulasan secara online sama dengan memberitahu seluruh dunia akan apa yang anda rasakan. Oleh karena itu, sebaiknya diterapkan beberapa peraturan yang mengatur pelanggan saat mereka akan mempublish ulasan mereka.

Kebebasan berpendapat memberikan anda ruang untuk mengekspresikan apa yang anda rasakan, tetapi akan selalu ada batasan antara mana yang sopan dan tidak sopan. Jangan lupa ada undang-undang yang mengatur apabila apa yang anda katakan tidak benar atau tidak memiliki bukti yang kuat.

Jika saja anda memiliki pengalaman buruk yang membuat anda ingin sekali untuk marah, sebaiknya gunakanlah pendekatan yang lebih tenang, nada yang lembut. Cobalah jelaskan secara jelas apa yang terjadi dan biarkan pada pembaca menerjemahkan sendiri kesimpulan mereka akan ulasan anda. Dengan demikian, perusahaan akan dengan senang hati menghubungi anda untuk mengetahui lebih lanjut akan apa yang anda rasakan.

  • Perbarui Ulasan Jika Diperlukan

Beberapa situs memungkinkan anda untuk mengubah ulasan anda jika anda merasa opini yang anda ungkapkan kurang pas atau masalah yang anda hadapi telah selesai, atau bisa saja anda membuat ulasan baru terhadap perusahaan yang sama.

Ingatlah jika anda memiliki masalah yang harus segera diatasi, anda sebaiknya menghubungi perusahaan secara langsung, bukan dengan membuat ulasan.

  • Baca Ulang Kembali Ulasan Anda

Membaca ulang ulasan anda adalah sebuah keharusan, anda dapat mengetahui apakah ulasan anda mudah dipahami atau terlalu bertele-tele, anda juga dapat menemukan kesalahan tulisan dari ulasan anda, dan pastikan yang anda tulis tidak melewati batas. Jadi jika anda telah membuat ulasan, jangan langsung mengklik “post”, tapi bacalah kembali apa yang telah anda tulis.

RESENSI FILM

Entah anda seorang aktor, pembuat film atau hanya sekedar penggemar film, menulis ulasan mengenai film dapat membantu anda untuk mengasah kemampuan berpikir secara kritis dan membuat anda menonton film bukan hanya berkomentar “wah film ini bagus” saja. Untuk anda pengulas film, tidak ada kata terlalu cepat atau terlalu lama untuk memulai. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menulis ulasan yang anda harus tahu.

  • Tontonlah film tersebut setidaknya satu kali

Setidaknya anda harus menonton film tersebut satu kali agar anda tahu apa yang sebenarnya terjadi di film tersebut. Cobalah ambil beberapa catatan penting juga ide yang bagus dan dapat membantu anda saat anda memulai menulis ulasan.

  • Tunjukan opini dan support anda saat mengkritik

Pengulas film yang professional tidaklah malu-malu untuk mengungkapkan kepada pembacanya akan apa yang mereka rasakan setelah menonton film tersebut, apakah film tersebut bagus, jelek, atau biasa-biasa saja. Pengulas film yang professional telah memiliki banyak pengalaman menonton banyak sekali film-film dan dapat menjelaskan kenapa dan mengapa mereka dapat mengatakan kritik yang demikian.

  • Pertimbangkan pembaca anda

Apakah anda ingin menulis untuk website khusus fans, berita nasional, atau majalah remaja? Mengetahui siapa pembaca anda akan membantu anda menentukan elemen mana yang harus anda tonjolkan dari film tersebut. Jangan lupa untuk menyesuaikan gaya penulisan anda sesuai dengan target pembaca anda.

  • Ketahui pemain filmnya

Banyak penonton film akan mudah terinspirasi untuk menonton film jika ada aktor favorit mereka, jadi anda sebaiknya meluangkan sedikit waktu anda untuk membicarakan tentang performanya.

  • Sebut direktur, sinematografer, efek spesial

Disinilah kegilaan anda akan film dapat bersinar. Beritahu pembaca anda tentang hal-hal yang penting untuk mereka ketahui atau kelalaian yang dilakukan oleh direktur, desain kostum, dan hebatnya CGI yang mereka gunakan. Apa saja hal-hal yang membuat anda kagum, membuat anda kaget, apa yang mengecewakan, semua hal tersebut haruslah anda sebutkan pada bagian inti dari ulasan anda.

  • Jangan berikan spoiler

Berikan pembaca anda beberapa plot yang mereka harus tahu agar terbayang film apa yang sedang anda bahas, tetapi jangan berikan spoiler. Ingatlah bahwa ulasan yang bagus adalah ulasan yang membuat pembaca anda merasa tertarik sehingga mereka menonton film tersebut.

Itulah dia tips-tips untuk membuat berbagai resensi dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu Anda dalam memberikan penilaian yang lebih baik lagi selanjutnya.