sederet kamus
Translate: Tutorial:

Tips Mempelajari dan Menguasai Writing dalam Bahasa Inggris

Dalam belajar Bahasa Inggris ada beberapa skill atau kemampuan yang harus dikuasai, salah satunya adalah Writing. Secara harfiah, Writing berarti menulis menggunakan Bahasa Inggris. Namun pada prakteknya masih banyak orang yang merasa kesulitan dalam melakukan Writing Bahasa Inggris.

Karena itu pada pembahasan ini kita akan mengulas cara mempelajari dan menguasai Writing dalam Bahasa Inggris. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Penggunaan Writing Bahasa Inggris

Sebelum mempelajari bagaimana cara menguasai Writing, ada baiknya kita mengetahui penggunaan dari skill yang satu itu. Writing bisa digunakan dan dipraktekan dalam beberapa hal, seperti:

  • Bagian dalam soal ujian

Penggunaan Writing dalam Bahasa Inggris yang pertama dan cukup sering ditemui adalah soal dalam ujian Bahasa Inggris. Kamu mungkin pernah mengalami juga saat disuruh menulis kalimat hingga paragraf di ulangan Bahasa Inggris.

Writing juga ditemui dalam ujian kompetensi Bahasa Inggris internasional seperti tes TOEIC dan IELTS. Pada tes-tes tersebut, kamu akan diuji seberapa jauh keterampilan menulis dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar.

Dan biasanya pada pelajaran Bahasa Inggris, kita disuruh untuk menuliskan cerita yang berdasarkan pengalaman sehari-hari. Misalnya ketika berlibur ke rumah Kakek, membantu Ibu membereskan kamar tidur, dan lain sebagainya.

  • Komunikasi tertulis dengan orang asing

Di era global ini, jangkauan pergaulan kita memang semakin meluas bahkan hingga ke tingkat mancanegara. Sekarang ini bukan hal yang aneh kalau kamu punya beberapa teman atau rekan kerja yang berkebangsaan asing.

Untuk berkomunikasi dengan mereka, tentunya perlu menggunakan Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Termasuk juga untuk komunikasi tertulis seperti mengirim email misalnya, yang tentu membutuhkan keterampilan Writing.

Bukan cuma berkirim pesan, keterampilan Writing juga akan sangat membantu kamu dalam berkomunikasi melalui media sosial. Misalnya saat kamu ingin menuliskan komentar di media sosial artis kesukaanmu yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

  • Penulisan dalam bidang pendidikan

Penggunaan Writing yang selanjutnya adalah untuk penulisan di bidang pendidikan. Tentunya penggunaan Writing dalam bidang ini cenderung lebih formal dan menggunakan tata bahasa yang baku.

Writing dalam bidang pendidikan biasanya digunakan untuk pembuatan karya ilmiah seperti jurnal, skripsi, tesis, dan semacamnya. Penggunaan Bahasa Inggris dalam menuliskan karya ilmiah biasanya diterapkan jika karya ilmiah itu ditujukan untuk tingkat internasional. Biasanya ada website khusus yang berisi jurnal-jurnal ilmiah mancanegara, sehingga ditulis menggunakan Bahasa Inggris.

Untuk penulisan bidang pendidikan ini ada yang membuat dalam dua versi, yaitu dalam Bahasa Indonesia dan dalam Bahasa Inggris. Tapi ada juga yang khusus menulis karya ilmiahnya dalam Bahasa Inggris saja, biasanya anak-anak yang berkuliah di Sastra Inggris.

  • Penulisan konten media sosial dan website

Writing Bahasa Inggris juga sangat diperlukan buat kamu yang suka menulis konten di media sosial atau website. Dalam beberapa konteks, konten berbahasa Inggris akan bisa menjangkau lebih banyak pembaca dibanding yang berbahasa Indonesia.

Karena logikanya, Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan di seluruh belahan dunia. Membuat konten berbahasa Inggris akan meningkatkan kemungkinan tulisan kamu dibaca dan dipahami lebih banyak orang lagi.

  • Penulisan yang terkait pekerjaan

Penggunaan Writing yang terakhir namun tak kalah pentingnya adalah penulisan yang terkait pekerjaan. Hal ini biasanya dirasakan oleh orang yang bekerja di kantor asing, memiliki bos orang asing, atau memiliki klien orang asing.

Banyak penulisan Bahasa Inggris dalam pekerjaan yang mengharuskan keterampilan Writing dengan baik dan benar. Misalnya saja saat membuat laporan untuk atasan, menulis proposal untuk klien, dan lain sebagainya.

Hambatan dalam Writing Bahasa Inggris

Meskipun sudah tahu berbagai penggunaan Writing Bahasa Inggris, tetap saja ada hambatan yang dihadapi. Berikut beberapa hambatan yang biasa dihadapi saat belajar Writing Bahasa Inggris:

  • Keterbatasan vocabulary dan grammar

Hambatan pertama yang sering dihadapi oleh orang yang mempelajari Writing adalah keterbatasan vocabulary (kosakata) dan pemahaman grammar (tata bahasa). Karena keterbatasan itu, banyak orang yang kemudian tidak tahu apa yang harus ditulis.

Kalau ini menjadi hambatan kamu juga, maka jawabannya bukan berhenti tapi terus belajar. Bukan menghindar, tapi hadapi apa yang menjadi hambatan kamu itu. Termasuk permasalahan vocabulary dan grammar.

Perkaya vocabulary kamu dengan selalu menyiapkan kamus. Kalau bisa unduh aplikasi kamus Bahasa Inggris di ponsel kamu. Jadi ketika kamu menemukan kata yang sulit, kamu bisa langsung mencari apa artinya.

Sedangkan untuk grammar, kamu bisa mempelajarinya dengan membaca berbagai buku teks yang memberikan panduan tata bahasa Inggris. Sekarang ini sudah banyak buku teks Bahasa Inggris yang dapat membantu kita belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan.

  • Takut salah

Satu lagi alasan yang kerap menghambat orang dalam belajar Writing Bahasa Inggris adalah takut salah. Dan ini sebenarnya sering menjadi hambatan dalam belajar Bahasa Inggris secara keseluruhan, bukan saja pada aspek Writing.

Perlu diingat bahwa Bahasa Inggris memang bukan bahasa utama kita, jadi sangat wajar kalau kita tidak langsung dapat menguasainya. Tapi bukan berarti menguasai Bahasa Inggris adalah sesuatu yang mustahil untuk dicapai.

Jadi lagi-lagi, berhenti belajar karena takut salah sama sekali bukan jawaban yang tepat. Lawanlah ketakutan itu dan fokuskan diri pada yang jauh lebih penting, yaitu belajar dengan maksimal.

  • Ingin langsung ahli

Kebalikan dengan hambatan sebelumnya, hambatan yang satu ini juga kerap menjegal orang yang belajar Writing Bahasa Inggris. Yaitu ingin langsung dan cepat-cepat menjadi ahli yang menguasai berbagai teknik serta cara menulis dalam Bahasa Inggris.

Tidak ada yang instan di dunia ini, termasuk dalam mempelajari dan menguasai Writing Bahasa Inggris. Jadi tidak perlu merasa terburu-buru dan ingin langsung ahli dalam Writing. Semua butuh proses dan usaha kamu yang maksimal pasti akan terbayar.

Tips Menguasai Writing Bahasa Inggris

Setelah mengetahui apa saja penggunaan Writing dan hambatan-hambatan yang biasa ditemui saat mempelajarinya, selanjutnya kita akan membahas tips menguasai Writing. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar dapat menguasai Writing Bahasa Inggris:

1. Banyak membaca

Membaca dan menulis adalah dua hal yang selalu terhubung satu sama lain. Orang yang terbiasa membaca akan lebih mudah untuk menulis. Dan orang yang butuh menulis harus sering-sering membaca agar pikirannya terasah.

Jadi untuk membantu menguasai keterampilan Writing, banyak-banyaklah membaca berbagai bacaan berbahasa Inggris. Dengan begitu, otak kamu akan lebih terasah dan ide akan lebih mudah muncul untuk menulis.

Selain itu, banyak membaca bacaan Bahasa Inggris juga akan membantu kamu dalam memperkaya vocabulary. Dari banyak membaca juga kamu akan lebih familiar dengan tata bahasa atau grammar yang tepat, sehingga membantu proses menulis nantinya.

2. Mulai dari hal-hal kecil

Untuk mempermudah proses kamu dalam belajar Writing Bahasa Inggris, mulailah dengan menuliskan semua hal kecil di sekitar kamu. Kamu benar-benar bisa memulainya dari yang kecil, seperti nama-nama benda yang ada di sekitar kamu.

Tingkat penulisan ini bisa naik sedikit demi sedikit, sesuai dengan perkembangan belajar kamu. Misalnya setelah mahir menuliskan nama benda, kamu bisa mulai menulis kalimat dari percakapan sehari-hari. Begitu terus sampai kamu benar-benar terbiasa dan familiar dengan Writing.

Satu hal yang perlu diingat adalah pastikan kamu memahami apa yang kamu tulis. Akan lebih bagus kalau kamu bisa menulis dengan sesimpel dan sederhana mungkin. Tidak perlu buru-buru ingin menuliskan kata atau kalimat yang malah akan membuat kamu tidak paham sendiri.

3. Tulis topik yang disukai

Tips lain yang dapat membantu kamu dalam menguasai adalah menulis topik yang kamu sukai. Misalnya kamu suka bahasan tentang film, maka tulislah tema itu dalam Bahasa Inggris. Atau kamu suka memasak, maka cobalah untuk menulis resep masakan dalam Bahasa Inggris.

Menulis topik yang disukai akan sangat membantu kamu dalam melatih dan menguasai keterampilan Writing. Ini karena orang cenderung lebih bersemangat saat melakukan sesuatu yang berhubungan dengan hal yang disukainya.

Dengan begitu, kegiatan belajar Writing Bahasa Inggris kamu akan terasa jauh lebih menyenangkan. Cara ini juga dapat mencegah kamu untuk berhenti di tengah jalan karena merasa belajarnya terlalu sulit atau membosankan.

4. Buat ide pokok

Jika kamu sudah mulai terbiasa dalam menulis Bahasa Inggris, kamu dapat mulai melatih diri agar bisa menguasai Writing dengan lebih baik. Salah satunya adalah membuat tulisan kamu lebih terstuktur dengan menciptakan ide pokok saat menulis.

Caranya adalah kamu buat dulu ide pokok dari tulisan yang akan kamu bahas. Misalnya kamu ingin menulis tentang memasak. Topik memasak itu sendiri sangat luas, jadi persempit dengan membuat ide pokok seperti memasak bubur ayam untuk anak dibawah 5 tahun.

Untuk memulainya, kamu bisa berlatih dengan membuat ide pokok dalam satu paragraf. Misalnya di paragraf itu kamu membahas bahwa bubur ayam adalah makanan yang cocok untuk balita. Baru kemudian kalau sudah terbiasa, kamu bisa menulis yang lebih panjang.

Dan untuk memudahkan menulis yang lebih panjang, kamu bisa membuat kerangka tulisan. Misalnya dari ide pokok memasak bubur ayam untuk balita itu bisa kamu bagi menjadi beberapa poin penting. Mulai dari alasan pemilihan menu bubur ayam, bahan yang dibutuhkan, cara memasak, hingga cara penyajian.

5. Bergabung dengan komunitas

Tips yang juga berguna untuk mengasah dan menguasai keterampilan Writing adalah bergabung dengan komunitas sejenis. Yaitu komunitas-komunitas yang menggelar kegiatan belajar Bahasa Inggris bersama.

Dengan begitu, kamu akan bisa berlatih bersama dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama sepertimu. Kamu juga bisa melihat contoh tulisan yang dibuat oleh orang lain sebagai referensi Writing kamu.

Kamu juga bisa meminta pendapat pada anggota lain dalam komunitas itu mengenai tulisan Bahasa Inggris yang kamu buat. Jangan lupa untuk lapang dada dalam menerima masukan dan kritikan ya, demi meningkatnya keterampilan Writing kamu.

6. Menulis, menulis, dan menulis

Dalam mengasah diri dalam menulis apapun, kunci utamanya terus menulis, menulis, dan menulis. Ibarat pedang yang harus terus diasah agar tetap tajam, menulis pun harus terus diasah dan dilatih dengan baik.

Begitu juga dengan Writing atau menulis dalam belajar Bahasa Inggris. Keterampilan Writing kamu akan bisa meningkat jika kamu sering berlatih untuk menulis dan terus menulis. Tidak bisa jika hanya mengandalkan teori semata tanpa mempraktekkannya dalam tulisan nyata.

Jadi kalau kamu ingin bisa menguasai Writing dengan baik tapi malas menulis, maka siap-siap ucapkan selamat tinggal pada keinginan itu. Semakin sering kamu menulis, akan semakin bagus dan terstuktur tulisan kamu nantinya.

Demikianlah pembahasan mengenai mempelajari dan menguasai keterampilan Writing dalam Bahasa Inggris. Dengan ini kamu sudah mengetahui apa saja penggunaan Writing itu beserta hambatan-hambatan yang sering ditemui. Kamu juga bisa menerapkan tips-tips menguasai Writing yang sudah dibahas diatas.

Semoga informasi ini berguna untuk kamu, ya! Don’t give up on learning and keep writing!