sederet kamus
Translate: Tutorial:

Tips Menghafal Lirik Lagu Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah

Kamu mungkin pernah mengalami hal seperti ini: ada sebuah lagu Barat yang enak didengar tapi kamu tidak hafal liriknya, jadi hanya bisa mengikuti nadanya dengan bernyanyi na na na tanpa lirik yang jelas. Tenang, bukan hanya kamu yang mengalami hal itu. Banyak orang juga yang mengalami hal serupa, apalagi pada lagu yang menggunakan Bahasa Inggris.

Tapi tentu tidak asyik dong kalau cuma bisa mendengarkan sambil menggumamkan lirik tidak jelas, padahal kamu suka lagu itu? Jangan khawatir, kini kamu bisa menghafal lirik lagu Bahasa Inggris dengan mudah melalui tips-tips berikut ini:

1. Mempelajari Lirik Terpisah dari Lagu

Tips pertama adalah mempelajari lirik terpisah dari lagu, yang berarti kamu tidak berusaha memahami keduanya dalam waktu bersamaan. Sebaiknya kamu mendengarkan dan memahami lagu terlebih dahulu, kemudian baru berusaha mempelajari liriknya. Jika kamu memaksakan untuk mempelajari keduanya sekaligus, justru hasilnya malah tidak akan maksimal. Selain itu, memahami lagu terlebih dahulu akan lebih memudahkan kamu dalam memahami dan menghafal lirik nantinya.

2. Mendengarkan Lagu Sesering Mungkin

Agar kamu menjadi familiar dengan lagu dan menangkap sedikit-sedikit lirik yang dinyanyikan, dengarkanlah lagu itu sesering mungkin. Nantinya kamu pasti akan menangkap beberapa lirik dalam lagu itu, yang tentunya akan menjadi dasar yang kuat untuk menghafal keseluruhan lirik. Kamu juga dapat mendengarkan lagu sampai dibawa tidur, agar lagu dan lirik yang didengar masuk ke otak dengan lebih mudah. Lebih bagus lagi kalau lagu itu bisa tersimpan di alam bawah sadar kamu, jadi kamu cepat hafal lagu itu, bukan?

3. Menulis Lirik Sambil Mendengarkan Lagunya

Langkah selanjutnya untuk menghafal lirik adalah tuliskan lirik pada kertas sambil mendengarkan lagunya. Kamu bisa menyalinnya lewat internet, tapi pastikan kamu melakukannya sembari mendengar lagunya agar mengetahui bagaimana pelafalan dan nada yang tepat untuk lirik tersebut. Proses ini mungkin agak lama dan kamu perlu melakukan pause pada lagu berkali-kali, tapi hal itu tidak masalah selama kamu dapat menyerap lirik dengan baik.

4. Menulis Ulang Lirik Sesering Mungkin

Setelah menuliskan lirik lagu untuk yang pertama kali, kamu perlu mengulangnya sesering mungkin. Hal ini supaya kamu semakin familiar dengan kata-kata Bahasa Inggris yang ada dalam lirik lagu tersebut. Terlebih lagi bagi kamu yang memang lebih dapat mempelajari sesuatu secara visual, menulis dan membaca lirik dengan sering akan sangat membantu menghafalnya.

5. Membaca Lirik Keras-keras

Tips selanjutnya yang dapat kamu terapkan untuk menghafal lirik lagu berbahasa Inggris adalah membacanya dengan keras-keras. Kamu dapat membaca lirik seperti kamu membaca sebuah narasi cerita, atau bahkan sebuah puisi. Melatih membacakan lirik keras-keras akan membantu kamu mengasah pelafalan yang tepat untuk kalimat-kalimat Bahasa Inggris dalam lirik tersebut.

6. Menyanyikan Lirik Bersama Lagu

Selain membacanya keras-keras, kamu juga perlu sering-sering melatih diri untuk menyanyikan lirik bersama lagu. Kamu bisa mengunduh lagu tersebut dengan dua versi, yang pertama adalah versi asli dan kedua adalah versi instrumental. Versi instrumental ini dapat kamu manfaatkan saat menyanyikan lirik lagu hingga kamu dapat menguasainya seperti versi aslinya.

7. Menggambarkan Lirik Secara Imajinatif

Untuk mempermudah memahami dan mengingat lirik lagu, kamu dapat menggambarkan lirik tersebut sesuai dengan imajinasi kamu. Misalnya kamu menghubungkan lirik tersebut dengan sebuah gambar yang mengacu pada isi lirik. Kamu juga bisa menghubungkan isi lirik pada sebuah adegan dalam film, atau bahkan membuat gambaran film sendiri yang mengacu pada lirik. Dan jika lagu tersebut memiliki video musik, kamu dapat mengingat lirik berdasarkan adegan yang ada dalam video musik lagu tersebut.

8. Memahami Makna Lagu dan Lirik

Setiap lagu dan lirik yang ditulis di dalamnya tentu memiliki makna yang ingin disampaikan baik oleh penyanyi maupun penulis lirik lagunya. Memahami makna dibalik lagu dan lirik akan sangat membantu kamu mendalami isi lirik dan tentu saja mempermudah dalam menghafalnya. Kamu dapat mencari tahu apa makna yang ingin disampaikan dibalik lagu dan lirik tersebut. Apalagi di jaman sekarang biasanya penyanyi lagu tersebut berbagi mengenai makna lagu menurut mereka yang bisa kamu temukan baik di media sosial mereka maupun di berita-berita internet.

9. Menghubungkan Lirik dengan Pengalaman Emosional

Selain memahami makna lagu dan lirik dari sudut pandang penyanyi aslinya, kamu juga dapat mencoba memahaminya dengan menghubungkan secara emosional. Kamu mungkin pernah menemukan lagu-lagu yang cocok dengan pengalaman atau keadaan yang kamu alami. Hal ini akan membuat kamu merasa terhubung secara emosional dengan lagu dan isi lirik lagu tersebut. Kalau sudah begitu, kamu akan menjadi lebih mudah lagi dalam menghafal lirik lagu secara keseluruhan.

10. Menikmati Proses Menghafal Lirik

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah nikmati proses menghafal lirik lagu agar menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan untuk kamu. Bagaimanapun juga kamu mendengarkan lagu dan ingin menghafal liriknya karena itu adalah sesuatu yang menyenangkan, jadi pertahankan agar hal itu tetap terasa menyenangkan. Jangan menjadikan ini sebuah kewajiban atau tugas yang harus kamu selesaikan, nantinya malah kamu akan merasa terbebani. Just enjoy it and have fun!

Demikianlah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar dapat menghafal lirik lagu berbahasa Inggris dengan cepat dan mudah. Menghafal lirik lagu Bahasa Inggris bukan hal yang sulit dan kamu juga pasti bisa melakukannya, kok! Semoga informasi ini bermanfaat, ya!